Cerita Di Humas Jogja : AMCA dan SOMCA

Hari penulis mendapat tugas untuk menyambut delegasi The 8th Meeting of ASEAN Ministers Responsible for Culture and Arts (AMCA) sekaligus The 14thASEAN Senior Officials Meeting for Culture and Arts (SOMCA).

Pada acara ini, tetamu disambut langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi GKR Mangkubumi dan GKR Hayu serta Sekda DIY Ir Gatot Saptadi.

Sejak kedatangan di Kraton sampai dilepas menuju hotel, seluruh delegasi tampak menikmati sajian yang disediakan. Selain akrab berbincang dengan Gubernur DIY, mereka umumnya menyempatkan diri berswafoto sambil menikmati suasana malam di Kraton Ngayogyakarta.

Pada malam itu ada dua pertemuan, yaitu pertemuan para menteri dan pertemuan para senior official. Welcome dinner ini adalah salah satu bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih dari Bapak Gubernur sebagai tuan rumah di Jogja untuk menerima para delegasi yang datang, juga sebagai bentuk kearifan lokal Jogja menerima tamu-tamu dari negara lain.

Penulis ketahui bahwa pertemuan para menteri ini dilaksanakan 2 tahun sekali. Sebagai tuan rumah, Jogja diberi kesempatan selama dua tahun ke depan menjadi city of culture.

Jogja sebagai city of culture, akan ada banyak yang bisa kita gali dan kita persiapkan untuk menunjukkan bahwa Yogyakarta ini adalah city of culture. Pada acara ini hanya diisi dengan jamuan makan. Pertemuan resminya sendiri akan dilaksanakan sampai 26 Oktober 2018 mendatang di Hotel Hyatt. dengan Tema yang diangkat adalah ‘Embracing The Culture of Prevention to Enrich ASEAN Identity’.

Beberapa utusan ASEAN yang hadir di antaranya Menteri Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Brunei Darussalam Dato Paduka Seri Haji Aminuddin Ihsan, Sekretaris Negara Kamboja Samraing Kamsan, Menteri Kebudayaan Thailand Vira Rojpojchanarat, Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Paduka Lim Jock Hoi, dan para perwakilan termasuk dari Korea Selatan, China dan Jepang. Penulis sangat senang ditugaskan malam itu bisa bertemu berbagai pejabat manca negara.