Cerita Di Humas Jogja : Parade Gamelan Nusantara

Hari ini penulis kembali mendapatkan undangan yang cukup jauh dari kantor yang di prakarsai oleh Dinas Pariwisata DIY yaitu pagelaran budaya bertemakan Gamelan Nusantara 2018 di Taman Tebing Breksi, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Sabtu malam.

Hari itu penulis cukup terkesan dengan lokasi wisata tebing breksi. Ternyata di Jogja ada tebing yang luar biasa. Singkat cerita Event tersebut mengangkat tema “Ngayogyaswara”, pagelaran ini adalah pagelaran kali kedua dan sukses menghadirkan animo masyarakat dengan konsep tata panggung sangat indah dipadu struktur batuan Tebing Breksi. Kolaborasinya menjadi paduan ciamik yang sangat dinikmati pengunjung.

Parade Gamelan Nusantara 2018 menampilkan sajian local tradisional dari Bali melalui grup Asrama Saraswati dan Banyuwangi dengan Sri Tanjung-nya. Yogyakarta menampilkan Swara Adiluhung, sedangkan Sunda dengan Sanggar Seni Kujang. Terakhir, adalah penampil dari Padang dengan Baringin Mudo-nya.

Penulis sangat menikmati malam itu. Sajian-sajian yang ditampilkan oleh para mahasiswa dari berbagai daerah yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pelajar-Mahasiswa Daerah Indonesia (IKPMDI) yang sedang menempuh ocal ikan di D.I Yogyakarta Dan berkolaborasi dengan seniman-seniman ocal menyajikan performance terbaik.