Cerita Di Humas Jogja : Kunjungan Provinsi Kalimantan Tengah

Kali ini penulis kembali menjadi penerima tamu kunjungan studi banding Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama dengan Asisten Administrasi Umum Sekda D.I. Yogyakarta Dra. Kristiana Swasti M.Si. dan beberapa pejabat di Gedhong Pracimosono, Komplek Kepatihan, Yogyakarta.

Kegiatan ini membahas tentang 9 program percepatan reformasi birokrasi di lingkungan Pemda DIY. Sembilan program itu yakni penataan struktur birokrasi, penataan jumlah dan distribusi PNS, sistem koreksi terbuka, profesionalisme PNS dan pengembangan sistem pemerintahan elektronik. Kemudian ada pula penyederhanaan perizinan usaha, pelaporan kekayaan PNS, peningkatan kesejahteraan PNS dan penggunaan fasilitas untuk PNS.

Pemda DIY sangat welcome terhadap setiap kunjungan dari pemda lain karena dapat saling sharing pengalaman demi perbaikan di masa depan, termasuk belajar bersama terkait reformasi birokrasi.

Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaruan dan perubahan mendasar terhadap system penyelenggaraan pemerintahan, sumber daya manusia serta aparatur daerah.