5 Dampak Buruk Kecanggihan Teknologi AI Composite Video



Perkembangan teknologi semakin hari semakin hebat saja, teknologi saat ini mampu memanipulasi visual hampir tanpa celah, sampai-sampai mampu mengecoh banyak orang dari hasil teknologi tersebut. Cerita  berawal dari banyaknya teman cewek saya yang membuat story whatsapp bertemakan pernikahan, awalnya saya acuh saja, namun setelah saya swap and scrool beberapa status ternyata ada banyak teman cewek saya yang juga mengupload story video pernikahannya. Sayapun merasa heran, masak teman saya menikah tidak mengundang atau memberikan kabar ke saya, singkat cerita saya mengulik salah satu teman saya tersebut, dan ternyata story video tersebut hanyalah hasil rekayasa kecanggihan teknologi Artificial Intelligence.


Berawal dari sanalah saya merasa perlu membahas ini. Lansung saja, kali ini saya akan membicarakan tentang dampak buruk penggunaan teknologi AI Composite Video yang mungkin terjadi dimasa mendatang. Apa sih yang dimaksud teknologi AI Composite Video itu? Secara sederhana AI Composite Video bisa diartikan sebagai penggabungan dua atau lebih objek berbeda menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Objek yang digabungkan biasanya berupa wajah kemudian digabungkan ke wadah berupa tubuh atau objek lain yang telah disediakan.


AI Composite Video merupakan sebuah pengembangan dari teknologi Deepfake yang secara khusus ditujukan untuk memanipulasi wajah maupun suara dari karakter di dalam sebuah cuplikan video menggunakan kecerdasan buatan.


Aplikasi Tempo - Music Video Maker akhir-akhir ini banyak menyita perhatian kaum hawa, aplikasi tersebut mampu membuat sebuah foto biasa saja menjadi video pengantin yang sangat cantik. Saya mengakui bahwa teknologi Artificial Intelligence banyak memberikan dampak positif, seperti mempercepat pekerjaan manusia dengan cepat dan akurat, termasuk teknologi AI composite video. Beberapa contoh aplikasi yang menggunakan teknologi AI Composite video lebih dulu antara lain adalah Remini, MyHeritage, dan DeepNostagia. Bagi saya Aplikasi Remini sangat bermanfaat karena mampu menghidupkan foto kenangan masa lalu yang sudah sangat usang, buram bahkan pecah pecah, menjadi foto  atau video baru yang sangat bagus bahkan bisa bergerak seperti hidup. Namun setelah melihat beberapa aplikasi serupa saya jadi berifikir. “Wah bahaya juga nih teknologi yang dipakai di aplikasi ini” isi pertanyaan yang terlintas didalam pikiran saya tersebut kemudian saya jabarkan sebagai berikut.


5 Dampak Negatif Penggunaan AI Composite Video


#1 Mengurangi Kreativitas

Kecanggihan teknologi saat ini memang memudahkan pekerjaan manusia, jika dulu dalam mengedit sebuah gambar visual dibutuhkan kreativitas yang tinggi serta harus berfikir keras agar menghasilkan editan yang baik, sekarang dengan adanya teknologi semacam AI Composite Video, seseorang tidak perlu lagi berfikir keras untuk menghasilkan editan yang baik, karena hanya tinggal mengupload bahan ke aplikasi, otomatis kecerdasan buatan yang ada didalamnya akan mengedit bahan yang telah dimasukan dengan hasil yang jauh dari kesan buruk. Hal tersebut bisa menjadi pemicu penurunan kreativitas.


#2 Menjadikan Malas

Masih terhubung dengan poin pertama, kemudahan yang di dapat dari sebuah kecerdasan buatan membuat orang menjadi malas, pekerjaan yang dulu begitu susah dan membutuhkan waktu lama, dengan adanya kecerdasan buatan bisa dikerjakan dengan sangat cepat. Sehingga orang lebih memilih jalur instan dibandinkan harus bekerja keras.


#3 Merusak Kepercayaan Diri

Hasil editan dari sebuah kecerdasan buatan terutama teknologi AI Composite Video seringkali lebih bagus dari kenyataan. Orang yang terlalu sering menggunakan aplikasi berteknologi deepfake akan terbiasa terlihat cantik, sehingga jika tidak menggunakan teknologi tersebut membuat mereka tidak percaya pada kecantikan alami yang sebenarnya telah mereka miliki.


#4 Menjadikan Orang Insecure

Masih terhubung dengan poin ketika, orang yang sering menggunakan teknologi deepfake akan memiliki perasaan cemas, gelisah jika sosok aslinya diketahui orang lain, ia berfikir bahwa saya tidak secantik seperti hasil editan dari deepfake.


#5 Rawan Disalah Gunakan

Poin yang kelima ini adalah yang terpenting, kecanggihan teknologi AI Composite Video bisa merubah wajah objek video lain menjadi wajah yang diinginkan dengan mudah dan dengan kehalusan serta kerapihan yang sangat baik. Tentu saja teknologi ini sangat berbahaya jika di salah gunakan misalnya untuk memanipulasi barangbukti, ataupun membuat barangbukti palsu dengan cara mengganti wajah video orang lain menjadi wajah orang yang ditarget. Bisa juga orang membuat video skandal namun wajahnya dirubah dengan orang yang ditarget dengan tujuan mencelakai.


Saya rasa cukup itu yang bisa saya jabarkan dari dampak buruk penggunaan teknologi AI Composite Video, semoga bisa memberikan inspirasi dan menambah wawasan untuk anda.