Cerita Di Humas Jogja : Talk Show

Hari ini penulis mendapatkan tugas untuk meliput dialog interaktif di Jogja TV dengan tema Nggugah rasa sithik edhing lumantar aksara – membangun generasi modern yang njawani diambil menjadi tema talkshow Gerakan Bangga Penggunaan Aksara Jawa (Gerbangpraja) ini adalah prakarsa dari Diskominfo DIY.

Dalam tugas ini di hadiri juga Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DIY Drs. Untung Sukaryadi MM dan filsuf/ahli Sastra Jawa Universitas Gadjah Mada (UGM) sekaligus Ketua Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro, KRT Manu J Widyasaputra, talkshow antara lain mengungkap pembentukan 100 menggala per kecamatan. Manggala inilah yang akan menjadi salah satu ujung tombak implementasi Gerbangpraja.

Gerbangpraja ini merupakan konsep pemantik gerbang masuk ke masyarakat, dalam hal ini gerbang masuk pengenalan budaya aksara Jawa. Utamanya di kalangan generasi muda.

Generasi muda harus mempunyai kebanggaan terhadap budaya yang ada, salah satu budaya yang dimiliki adalah budaya literasi yaitu aksara Jawa yang mengandung banyak filosofi